Senin, 07 November 2011

CARA MEMBUAT PEDAL DRUM KORG PA50

            Kyboard  Korg  PA 50  memang tidak dilengkapi dengan fasilitas untuk  pedal drum,tapi tidak usah bingung,ada  cara yang mudah dan hasilnya juga sangat praktis sebab hanya satu jack berisi satu kabel isi 2, untuk membuat pedal drum Korg pa 50,beberapa rekan-rekan ada yang sudah membuat dengan cara yang hampir sama dengan cara  ini akan  tetapi hasilnya  terlalu banyak kabel yang keluar dan juga efeknya beberapa jalur di PCB kyboard  banyak yang harus  diputus secara paksa,sayangkan??
nah dibawah ini ada  cara  yang sama sekali tidak akan merubah atau sampai memutus jalur di PCB kiboard anda

PERALATAN: 1.Bekas pedal dinamo mesin jahit,digunakan sebagai pedal.
                         2.kabel kecil biasa.
                         3.jack micropon
                         4.Relay  12 v atau lebih yang berisi 2 swich.
                         5.Switch nyamuk

   Langkah  pertama bongkar pedal mesin jahit ,pasang switch nyamuk pada bawah  pedal seperti gambar,lekatkan dengan lem bakar  lalu ujung  kabel yang satunya di pasangi jack micropon.






                    
  Bongkar kyboard anda, pasang relay dengan cara di lem bakar pada PCB, solder kaki-kaki switch relay untuk PADS  1 dan switch yang satu nya untuk PADS 2,seperti skema gambar dibawah.

Lalu copot satu kaki Resistor yang menuju jack out  ASSIGN PDL SW di kiboard ,pasang kabel di bekas kaki R tersebut dan ujung kabel satunya di solder ke kaki relay bagian lilitan untuk ON relay. kaki lilitan relay yang satunya di hubungkan dengan kabel ke jalur tegangan 8 Volt yang ada di kyboard, (kabel oranye di slot tegangan dari dekat trafo kecil di mesin kiboard / silahkan dicari dengan avometer).nah setelah semua sudah terpasang sebelum menutup orjen ada baiknya  dicoba dulu,hidupkan orjen tekan pedal tersebut,bila belum bunyi   coba  dicek lagi jalur out pedal.
       Dan langkah selanjutnya tinggal mengeset PADS
 1 dan 2 sesuai keinginan,nah.... ini hasilnya,praktis      kan..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar